Tips Menghilangkan Bekas Jerawat

Hal apakah yang lebih buruk dari jerawat ? Bekas jerawat. Mungkin kamu sering mencari tips menghilangkan bekas jerawat yang paling efektif. Noda bekas jerawat bisa bertahan di wajahmu dalam waktu satu bulan, tiga bulan, bahkan bertahun-tahun.

Tak ada yang menginginkan jerawat, apalagi bekasnya.

Jadi, bagaimana caranya mengatasi bekas jerawat jika terlanjur ada ? Kebanyakan orang berpikir bahwa obat-obatan yang dijual bebas adalah solusi terbaik, namun itu salah.

Kebanyakan obat yang dijual bebas mengandung banyak bahan kimia yang bisa berbahaya, bahkan beracun dan akan menyebabkan lebih banyak kerusakan pada kulitmu.

Obat jerawat yang paling baik adalah yang mengandung bahan-bahan alami dan tidak ditambahkan bahan kimia, toksin, maupun kontaminan lain.

Selain itu, obat jerawat yang baik juga harus memiliki sifat anti inflamasi dan anti bakteri. Sayangnya, bahan dan pengobatan alami tidak selalu praktis.

Jadi, usahakan selalu menggunakan pengobatan jerawat yang mengandung bahan alami. Bahan alami akan membantu kamu menghilangkan bekas jerawat, sekaligus menjadikan wajahmu sehat alami tanpa efek samping.

Sebelum mengetahui bahan alami apa saja yang bisa digunakan untuk mengobati bekas jerawat, mari simak apa itu sebenarnya bekas jerawat dan apa penyebabnya.

Apa Sebenarnya Bekas Jerawat Itu ?

Bekas jerawat biasanya muncul setelah ada inflamasi kulit atau jerawat yang muncul.

Luka bekas jerawat ini disebabkan oleh pori-pori kulit yang ter-inflamasi oleh minyak berlebih, sel kulit mati, dan bakteri. Pori itu lalu membengkak dan memecahkan dinding folikel. Jerawat yang terinfeksi merusak jaringan kulit di sekitarnya, dan inilah yang menjadi bekas luka.

Nah, sekarang kamu sudah tahu apa yang menyebabkan bekas jerawat ? Temukanlah berbagai solusi alaminya di bawah ini untuk menghilangkannya dengan cepat.

Berbagai Tips Menghilangkan Bekas Jerawat

1. Lidah Buaya

Manfaat lidah buaya untuk kesehatan wajah

Gel lidah buaya segar adalah sumber vitamin potensial yang bisa membantu menyembuhkan kulit dan menyamarkan bekas luka.

Lidah buaya sangat lembut, jadi kamu tak perlu khawatir karena lidah buaya tak akan merusak atau menyebabkan iritasi lebih banyak. Lidah buaya juga merupakan pelembab yang baik, kulitmu akan terasa lebih lembut dan sehat.

Meskipun gel lidah buaya dapat ditemukan di apotek atau toko swalayan, lidah buaya yang segar dan organik adalah yang terbaik.

Tanaman lidah buaya juga mudah ditanam dan tidak memerlukan banyak perawatan. Kamu juga tidak perlu repot-repot membeli pupuk atau pestisida.

Jika kamu sudah mempunyai tanaman lidah buaya, cukup potong satu daunnya, kupas bagian luarnya untuk mendapatkan gel segar, dan usapkan pada kulit. Untuk hasil terbaik, diamkan gel lidah buaya pada kulit selama paling tidak 30 menit sebelum dibilas.

2. Soda Kue

Manfaat soda kue untuk kesehatan

Soda kue adalah bahan yang hampir pasti ada di setiap rumah tangga, dengan berbagai macam kegunaan termasuk menghilangkan bekas luka. Soda kue terbuat dari kristal sodium bikarbonat yang bisa membantu mengangkat sel kulit mati.

Tips menghilangkan bekas jerawat dengan soda kue yaitu mencampurkan beberapa sendok soda kue dengan air secukupnya sampai berbentuk pasta, lalu usapkan pada bekas jerawat.

Setelah diaplikasikan pada kulit, diamkan selama beberapa menit.

Dalam jangka waktu ini, kandungan dari soda kue akan membersihkan pori-pori kulitmu dan mencegah jerawat timbul lagi.

Setelah itu, bilas kulitmu dengan air hangat. Jangan lupa menggunakan pelembab seperti minyak zaitun, jojoba, atau minyak kelapa. Lakukan proses ini beberapa hari sekali untuk hasil terbaik.

3. Minyak Kelapa

Manfaat minyak kelapa untuk menghilangkan bekas jerawat

Minyak kelapa adalah yang terbaik di antara bahan-bahan yang dapat digunakan sebagai pelembab sekaligus menyembuhkan luka. Sebagai obat untuk bekas jerawat, cukup ambil sejumput minyak kelapa organik dan usapkan ke bekas jerawat lalu biarkan meresap.

Tak perlu membilas minyak kelapa, karena vitamin dan asam lemak esensialnya akan bekerja dan membantu meningkatkan kesehatan kulit. Namun jika minyak terasa lengket dan mengganggu kenyamananmu, kamu bisa membilasnya setelah 30 menit.

4. Buah Timun

Kegunaan buah timun untuk kesehatan wajah

Ada alasan di balik populernya timun sebagai bahan perawatan wajah.

Sayuran ini tak hanya punya efek melembabkan yang sangat hebat, namun juga mengandung berbagai vitamin seperti vitamin A, vitamin C, dan magnesium yang sangat bermanfaat bagi kulitmu.

Tips menghilangkan bekas jerawat dengan timun sangat praktis dan mudah.

Cukup pilih sebuah timun yang segar, buat beberapa irisan tipis, lalu tempelkan di atas bekas jerawat. Setelah kira-kira setengah jam, buang potongan timun dan bilas wajah dengan air dingin.

Ulangi setiap hari atau saat diperlukan.

5. Madu Murni

Pelembab alami lainnya yang juga bisa menghilangkan bekas jerawat adalah madu.

Manfaat madu yang paling baik digunakan untuk mengobati bekas jerawat adalah madu mentah, bukan yang sudah diproses. Jika sudah menemukannya, pijatkan madu secukupnya pada bekas jerawat dan lihat hasilnya setelah beberapa kali pengulangan.

Kamu juga bisa mencampurkan lemon atau sekitar satu sendok teh kayu manis bubuk setiap dua sendok makan madu untuk menambahkan fungsi pembersih pori-pori.

Lakukan perawatan ini sesering dan selama yang kamu mau.

6. Buah Lemon

Manfaat lemon untuk wajah

Perasan lemon adalah asam alfa-hidroksi (AHA) yang bisa digunakan sebagai salah satu cara menghilangkan bekas jerawat, mempercepat penyembuhan, dan memperbaharui kulit.

Untuk menggunakannya sebagai obat bekas jerawat, langsung peras dan oleskan pada kulitmu atau encerkan terlebih dahulu jika kulitmu sensitif.

Biarkan perasan lemon itu kering, lalu bilas wajahmu dengan air dingin dan gunakan pelembab setelahnya.

Ulangi perawatan ini setiap 2 – 3 hari. Namun ingat bahwa air lemon akan membuat kulitmu menjadi lebih sensitif terhadap radiasi sinar UV, jadi hindarilah sinar matahari langsung selama beberapa waktu setelah melakukan perawatan ini.

7. Minyak Pohon Teh

Manfaat minyak pohon teh untuk menghilangkan jerawat

Bahan yang satu ini mungkin sudah sering kamu temukan. Minyak pohon teh lebih sering disebut dengan nama tea tree oil.

Ini adalah salah satu bahan paling populer yang digunakan untuk menghilangkan jerawat maupun bekasnya. Tea tree oil mempunyai sifat anti bakteri yang ampuh, sehingga bisa melawan bakteri penyebab jerawat dan mengurangi kemerahan dan inflamasi.

Kamu bisa langsung mengoleskan tea tree oil pada bekas jerawat atau mencampurkannya dengan sabun muka, lalu membilasnya setelah 20 menit.

8. Gula Tebu

Manfaat gula tebu untuk wajah sehat

Untuk cara menghilangkan bekas jerawat yang lebih menenangkan, buatlah lulur wajah dari gula. Gula tebu mengandung asam glikolat, jenis lain dari asam alfa hidroksi yang bisa mengangkat sel kulit mati dan merangsang regenerasi sel.

Campurkan gula tebu dengan minyak zaitun dengan perbandingan 2:1, lalu tambahkan beberapa tetes perasan air lemon sampai terbentuk suatu campuran yang tak terlalu kental maupun encer.

Oleskan lulur ini ke bekas jerawat dan biarkan selama 15 menit sebelum membilasnya, lalu ulangi setiap 2 – 3 hari sekali.

9. Vitamin E

Manfaat vitamin e untuk kesehatan wajah

Mungkin tips menghilangkan bekas jerawat yang paling mudah menggunakan vitamin E adalah menyobek sebuah kapsul gel dan mengoleskan isinya ke bekas jerawatmu.

Selain itu, kamu juga bisa mencampurkannya ke pelembab untuk membantu menghilangkan bekas luka dengan lebih cepat.

Tidak terlalu sulit bukan ?

Kesimpulan

Nah, dengan adanya beberapa pilihan diatas, seharusnya kamu tidak perlu pusing lagi mencari-cari informasi tips menghilangkan bekas jerawat yang paling ampuh. Karena tidak ada yang lebih baik selain menggunakan bahan-bahan alami.

Selain itu, penggunaan bahan-bahan diatas juga menimbulkan efek positif untuk membersihkan wajah secara alami, sehingga kulit wajahmu semakin halus dan sehat secara natural. Tentunya semua wanita pasti menginginkan hal tersebut kan ?

Jadi, mulai sekarang kurangi konsumsi bahan kimia untuk wajah ya.

Yakin Ngga Mau Nanya ?