Manfaat Timun Untuk Kulit

Manfaat timun untuk kulit sangatlah banyak, khususnya pada kulit wajah. Timun akan menjadi solusi terbaikmu ketika mengalami beberapa masalah pada kulit. Kandungannya yang kompleks mampu memenuhi kebutuhan nutrisi vitamin tubuh setiap harinya.

Berikut ini akan dijelaskan beberapa hal tentang timun.

Kandungan Aktif Pada Timun

Mentimun lebih sering dikonsumsi sebagai lalapan. Namun siapa sangka bahwa buah yang satu ini juga dapat berpengaruh pada kesehatan kulit kamu.

Timun memiliki kandungan air yang tinggi sehingga mudah untuk dijadikan sebagai masker atau krim lain yang dimanfaatkan. Air dalam timun sendiri memiliki kandungan mineral yang baik untuk kesehatan kulit alami.

Tak heran jika beberapa pusat kecantikan menggunakan timun sebagai bahan utama pelayanannya. Timun juga kaya akan nutrisi, vitamin, dan mineral. Didalamnya terdapat :

  • Vitamin A
  • Tiamin (B1)
  • Niacin (B3)
  • Ribovlafin (B2)
  • Vitamin B6
  • Zat besi
  • Asam folat
  • Kalsium
  • Kalium
  • Potasium
  • Zinc
  • Fosfor

Dan tentunya kandungan yang paling dicari karena berperan aktif dalam kecantikan yaitu silika. Semua kandungan ini sangat mendukung seseorang mendapatkan kulit yang diinginkannya secara alami tanpa ada efek sampingnya.

Manfaat Timun Untuk Kulit

1. Menghilangkan Mata Panda dan Kantung Mata

Cara menghilangkan kantung mata

Manfaat timun untuk kulit yang pertama adalah menghilangkan masalah mata panda atau lingkaran hitam pada mata beserta kantung mata. Kedua masalah ini sering terjadi sehingga membuat tampilan wajah tidak percaya diri saat beraktifitas.

Oleh karena itulah kamu pasti sering melihat seseorang mengenakan irisan timun yang diletakan pada mata bukan ? Itu bukanlah mitos lagi, karena faktanya timun bisa mengatasi masalah tersebut.

Timun memiliki kandungan asam caffeic dan asam karbonat yang berperan aktif menghilangkan lingkaran hitam yag mengganggu serta mengecilkan kantung mata.

Ada banyak sebab dari kedua masalah tersebut, salah satunya adalah seringnya tidur kemalaman dan rasa lelah yang tidak tertahankan. Dengan istirahat yang cukup serta ditambah perawatan menggunakan mentimun maka masalah tersebut akan segera tertangani.

Jadi kamu tak perlu khawatir jika ada lingkaran hitam dan kantung mata yang mengganggu penampilanmu.

2. Membersihkan Flek dan Bintik Hitam

Flek dan bintik hitam kerap kali datang bersamaan dengan kulit berminyak. Memang tidak berbahaya, akan tetapi masalah ini akan mengganggu penampilanmu bukan ?

Jika demikian kamu tidak perlu bingung, karena timun memiliki kandungan mineral kompleks yang bisa membuat wajah kembali mulus dan bersih tanpa ada noda menempel disana.

Biji mentimun memiliki kandungan kalium yang bisa menyerap minyak dan kotoran yang ada pada wajah. Kemudian air dari mentimun sendiri secara refleks akan menutup bagian yang telah dibersihkan agar tidak lagi diisi oleh flek atau bintik hitam.

Mineral yang ada pada timun inilah yang nantinya digunakan sebagai cara membersihkan wajah untuk membuat kulit wajah kamu bebas dari flek dan bintik hitam.

3. Mengatasi Minyak Berlebih

Sebagaimana sebelumnya dikatakan bahwa timun memiliki kandungan mineral yang aktif menyerap minyak pada wajah.

Gunakan mentimun sebagai masker dengan cara mengirisnya kemudian menggosokkannya pada wajah. Atau cara lainnya adalah dengan menghancurkan timun kemudian mencampurkannya dengan madu.

Setelah itu oleskan pada wajah yang telah dibersihkan dengan air. Tunggu beberapa menit kemudian bilas wajahmu menggunakan air bersih, dan rasakan bedanya.

4. Mengobati Sunburn

Menyembuhkan sunburn dengan cuka apel

Timun juga bisa digunakan sebagai obat ketika kulit terbakar sinar matahari yang menyengat. Hidup di Indonesia yang memiliki iklim tropis tentunya akan menghadapi resiko musim kemarau dengan kondisi matahari tepat diatas kita.

Inilah yang membuat sinar UV yang dipancarkan beresiko tinggi merusak jaringan sel kulit pada manusia, khususnya wanita yang memiliki kulit lebih sensitif.

Bahaya dari sinar UV paling riskan adalah kanker kulit. Sedangkan efek jangka pendeknya adalah kulit terbakar dan terasa panas.

Timun memiliki kadar air yang tinggi serta kalium yang terdapat pada bijinya. Kedua kandungan ini bermanfaat untuk mengobati kulit yang terpapar sinar matahari.

Kulit kamu akan terasa lebih dingin dan segar setelah diolesi menggunakan masker dari bahan timun. Apalagi vitamin yang ada didalamnya juga aktif dalam mengganti sel kulit yang terbakar, sehingga dengan mudah bisa mengembalikan sel kulit kembali dan tampil lebih segar dan cerah.

5. Sebagai Anti Aging

Caffeic acid dan vitamin C yang ada pada timun akan membantu kulit dalam memerangi adanya garis penuaan pada wajah. Kedua kandungan tersebut akan merangsang kulit untuk memperkecil pori-porinya sehingga terlihat lebih lembab dan kencang.

Jika demikian maka akan mudah menghilangkan garis-garis penuaan pada wajah dan diganti dengan wajah yang lebih kencang dan kenyal. Bukan hanya di wajah, akan tetapi di seluruh tubuh juga akan merasakan hal yang sama.

Penutup

Hasil yang kamu terima akan menjadi lebih baik ketika mencampurkan bahan timun dengan yogurt yang memiliki fungsi yang sama yakni meremajakan kulit agar terlihat lebih kencang.

Caranya adalah mencampurkan satu buah timun dengan dua sendok makan yogurt, kemudian digunakan sebagai lulur saat mandi. Diamkan beberapa saat sebelum kemudian di bilas menggunakan air bersih.

Begitu banyaknya manfaat timun untuk kulit, hingga hampir semua orang ( kebanyakan wanita ) pasti menggunakan buah yang satu ini saat melakukan perawatan tubuh dan wajah.

Kamu sudah mencobanya belum ?

Yakin Ngga Mau Nanya ?