Manfaat Madu Untuk Tubuh

Buat kamu pecinta madu sudah semestinya berbangga diri. Berbicara tentang manfaat madu untuk tubuh, sudah bukan menjadi rahasia lagi kalau cairan satu ini memiliki segudang khasiat.

Cairan kental yang dihasilkan oleh serangga dari nektar bunga ini selain sangat manis rasanya, juga sangat kaya kandungan nutrisinya. Tulisan saya kali ini akan membahas dan mengulik manfaat madu untuk tubuh kamu semua.

Yuk langsung kita simak penjabarannya berikut ini.

1. Mencegah Kanker dan Jantung

Madu memiliki kandungan flavonoid dan antioksidan yang tinggi. Kandungan tersebut menurut penelitian mampu mengurangi resiko terkena beberapa penyakit kanker dan juga jantung.

Yang perlu kamu lakukan hanyalah sering-sering mengkonsumsi madu. Semakin sering dan banyak dikonsumsi, semakin banyak pula manfaat yang kamu peroleh.

2. Mengurangi Bisul dan Gangguan Gastrointestinal

Mengatasi penyakit gangguan usus

Perlu diketahui bahwa madu juga bisa menjadi obat bisul dan gangguan usus pada perut.

Penelitian terkini mengungkapkan bahwa kandungan nutrisi pada madu dapat mengurangi dan menyembuhkan bisul yang ada di kulit kamu. Selain itu, rajin mengkonsumsi madu membuat usus menjadi lebih bersih dan sehat.

Hal ini mungkin dikarenakan kandungan yang akan dibahas pada poin ke tiga.

3. Anti Bakteri dan Anti Jamur

Manfaat madu untuk tubuh selanjutnya adalah sebagai anti bakteri dan anti jamur.

Menurut salah satu pakar peneliti madu, Peter Molan, direktur Unit Penelitian Madu di University of Waikato di Selandia Baru, ia menyatakan bahwa “semua madu adalah anti-bakteri karena lebah menambahkan enzim yang membuat hidrogen peroksida“.

Hal ini membuktikan bahwa madu dapat membersihkan bagian-bagian tubuh kamu yang luka dan juga mencegahnya dari bakteri jamur yang berpotensi menyerang.

4. Meningkatkan Kinerja Atletik

Yang dimaksud meningkatkan kinerja atletik di sini adalah, madu baik untuk para atlet yang ingin meningkatkan kualitas energinya. Sejak jaman kuno dulu, para atlet Olimpiade akan mengkonsumsi madu dan buah ara sebelum mereka berkompetisi.

Tujuannya tak lain adalah membuat stamina mereka lebih prima.

Bahkan penelitian terbaru juga menyatakan bahwa madu adalah asupan yang bagus untuk memulihkan staminamu yang lelah dan menjaga kadar glikogen pada tubuh kamu, dibanding asupan-asupan glukosa lainnya.

5. Mengurangi Iritasi Batuk dan Tenggorokan

Madu mampu membantu mengurangi masalah batuk, terlebih lagi madu soba.

Pada penelitian yang melibatkan 105 anak menyatakan bahwa satu dosis madu soba sama efektifnya dengan satu dosis dextromethorphan yang mampu mengurangi resiko batuk pada malam hari dan membantu membuat tidurmu nyenyak.

5. Menyeimbangkan 5 Elemen Madu

Madu telah digunakan dalam pengobatan Ayurveda di India sejak 4000 tahun terakhir. Madu dianggap memiliki manfaat yang mampu mempengaruhi ketidakseimbangan ketiga material primitif tubuh secara positif.

Penelitian juga mengatakan bahwa madu bermanfaat untuk meningkatkan penglihatan mata, membantu dalam penurunan berat badan, menyembuhkan impoten dan ejakulasi dini pada pria, gangguan pada kandung kemih, asma bronchial, diare dan juga mual-mual.

Selain itu, madu juga disebut sebagai “Yogahavi” yang mana memiliki kualitas dalam menembus jaringan terdalam pada tubuh kamu.

Dengan mengkonsumsinya bersamaan dengan herbal-herbal lainnya, madu bisa meningkatkan kualitas-kualitas herbal tersebut untuk menjangkau bagian tubuh yang paling dalam.

6. Mengatur Kadar Gula Darah

Meskipun mengandung sedikit gula, madu tidaklah sama dengan gula putih dan sumber-sumber pemanis lainnya. Kandungan seimbang pada fruktosa dan glukosanya justru mampu mengatur kadar gula darah dalam tubuh kamu.

Beberapa jenis madu bahkan memiliki kandungan hipoglikemik yang rendah yang tidak akan menyentak gula darah kamu.

Silahkan menonton video perbandingan antara beberapa pemanis seperti stevia, sirup beras merah, madu, sirup gula, dan lidah buaya yang memperlihatkan kekuatan dan kelemahan masing-masing.

7. Membersihkan Wajah

Mencegah munculnya jerawat dengan madu

Madu memiliki sifat anti-bakteri dan probiotik yang sangat tinggi, sehingga mampu membersihkan wajah secara alami.

Selain berperan untuk melembabkan kulit wajah yang kering, ternyata madu juga bisa berguna untuk menghilangkan bekas jerawat di wajah. Madu bekerja secara lembut tanpa menghilangkan minyak alami di wajah.

Untuk kamu yang ingin tampil sehat dan cantik alami, maka wajib merawat wajah menggunakan madu.

8. Menyembuhkan Luka Biasa dan Luka Bakar

Pengaplikasian luar madu sudah terbukti bekerja se-efektif perawatan konvensional dengan menggunakan silver sulfadiazine.

Ini diperkirakan bahwa efek dari proses pengeringan gula yang sederhana dan sifat anti-bakteri pada madu bersatu dalam menciptakan efek ini. Penelitian telah menunjukkan bahwa metode ini sangat ampuh dalam penyembuhan luka biasa maupun luka bakar pada tubuh kamu.

9. Sebagai Probiotik

Beberapa varietas pada madu memiliki jumlah bakteri baik yang sangat besar. Bakteri ini termasuk 6 jenis laktobasilus dan juga 4 jenis bifidobakteria. Hal ini juga mungkin bisa menjelaskan banyaknya “misteri-misteri yang terkandung pada madu”.

10. Menguatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Manuka Honey sudah ditemukan dan dinyatakan mampu untuk merangsang produksi sel-sel kekebalan tubuh menurut penelitian dari School of Medicine, Cardiff University di Inggris.

Bagaimana, sudah cukup jelas dengan penjabaran lengkap manfaat madu untuk tubuh yang luar biasa ini ? Hal ini membuktikan bahwa mengkonsumsi madu berarti memberikan asupan nutrisi yang baik untuk tubuh kamu.

Rajin-rajinlah mengkonsumsi madu di keseharianmu. Selain rasanya yang nikmat, beragam manfaat bisa di dapat. Selamat berburu madu terbaikmu.

Jagalah tubuhmu dengan memberikan nutrisi yang cukup.

Yakin Ngga Mau Nanya ?