Manfaat Tanaman Kacang Panjang

Makanan adalah asupan yang sangat penting bagi tubuh. Kamu sangat perlu untuk menjaga setiap makanan yang masuk ke dalam tubuh agar tetap sehat dan terhindar dari penyakit.

Asupan yang tidak seimbang bagi tubuh akan mengakibatkan timbulnya penyakit serius dalam jangka panjang. Kamu perlu menyeimbangkan sumber nutrisi hewani dan nabati. Namun sayangnya, orang jaman sekarang cenderung lupa untuk memenuhi asupan nutrisi nabati.

Berikut ini adalah salah satu sumber nutrisi nabati yang sangat baik bagi tubuh. Manfaat kacang panjang untuk kesehatan cukup banyak memenuhi nutrisi yang dibutuhkan tubuh, diantaranya adalah karbohidrat, protein, zat besi, mangan, fosfor, vitamin C, folat, vitamin B12, vitamin A.

Serta ada kandungan mineral lainnya yang dibutuhkan tubuh ada dalam kacang panjang yaitu tembaga, kalsium, dan juga magnesium. Berikut ini adalah daftar manfaat yang akan kamu dapatkan jika mengonsumsi makanan kacang panjang secara tepat.

Manfaat Kacang Panjang Untuk Kesehatan

1. Menurunkan Resiko Diabetes

Ada penelitian yang menyatakan bahwa kacang panjang juga mengandung analgesik dan anti-hiperglikemia. Kadar kedua senyawa ini dinyatakan dapat menurunkan kadar gula yang berkelebihan dalam darah.

Walaupun data ini masih perlu dikembangkan lagi untuk diteliti secara detail dalam tubuh manusia, namun hal ini sudah terbukti pada salah satu jenis mamalia tertentu. Selain itu zat mangan pada kacang panjang juga mampu menurunkan resiko penyakit diabetes.

2. Menjaga Tubuh Dari Kolesterol Jahat

Bahaya kolesterol untuk tubuh

Kolesterol jahat atau sering dikenal dengan LDL sangat berbahaya bagi tubuh dan bisa mengakibatkan penyakit berbahaya lainnya. Kacang panjang mengandung serat larut yang mampu melarutkan kolesterol yang ada dalam darah.

Selain itu kacang panjang juga mampu menurunkan darah tinggi dan meredakan peradangan.

Dengan terkontrolnya kolesterol maka secara tidak langsung kesehatan organ tubuh yang lain seperti jantung juga terjaga kesehatannya. Selain itu kesehatan jantung juga dapat terjaga karena saluran jantung untuk memompa darah diperlancar.

3. Makanan Anti Kanker

Kandungan antioksidan yang ada pada kacang panjang seperti riboflavin dan flavonoid yang setelah diteliti lebih lanjut dapat mengurangi pertumbuhan sel kanker seperti kanker usus dan juga kanker payudara.

Selain itu, manfaat kacang panjang untuk kesehatan juga mengandung asam folat yang tinggi sehingga mampu mencegah penyakit kanker lainnya seperti kanker serviks, paru-paru dan juga kanker otak.

Berdasarkan penelitian sebanyak 900 Mg asam folat dapat menurunkan resiko sakit kanker sebanyak 30%.

4. Pencegahan Dari Efek Samping Radikal Bebas

Radikal bebas serta berbagai zat kimia berbahaya yang menumpuk dalam tubuh dapat mengakibatkan penyakit yang serius dalam jangka panjang. Beberapa penyakit berbahaya akibat radikal bebas adalah kanker, jantung, dan berbagai peradangan lainnya, hingga asam urat.

Vitamin C yang terdapat pada kacang panjang dipercaya dapat menurunkan dan membasmi radikal bebas.

5. Menjaga Kesehatan Janin

Asam folat pada kacang panjang dipercaya mampu menjaga pertumbuhan janin hingga masa kelahiran, dan juga mampu menjaga replikasi DNA berjalan dengan baik. Bagi ibu hamil bisa mencoba untuk mengonsumsi makanan ini selama masa kehamilan agar janin tumbuh dengan sehat.

6. Mempercantik Payudara

Cara membesarkan payudara secara alami

Berdasarkan hasil studi salah satu universitas ternama di Indonesia yang dilakukan oleh jurusan farmasinya menyatakan bahwa kacang panjang juga mengandung fitoestrogen yaitu, senyawa estrogen alami yang mampu memicu pertumbuhan sel epitel sehingga mampu membesarkan ukuran dada dan membuatnya lebih kencang.

Caranya yaitu dengan mengoleskan ekstrak kacang panjang ke bagian payudara secara merata dan diamkan selama satu jam lalu di bilas dengan air hangat.

7. Mengurangi Nyeri Saat Haid

Senyawa berupa zat mangan dipercaya mampu meredam nyeri pada perut serta mampu membuat kamu tidak lagi terlalu sensitif di saat menstruasi. Karena zat mangan juga mampu memperbaiki suasana hati pada saat menstruasi.

Hal ini berdasarkan pernyataan salah satu pernyataan dari salah satu majalah kesehatan ternama di dunia dan sudah teruji secara klinis di laboratorium, jadi tidak ada salahnya untuk mencobanya.

8. Menjaga Kesehatan Kulit

Kandungan vitamin C pada kacang panjang selain mampu menangkal radikal bebas juga mampu melembapkan kulit dan mencegah proses penuaan dini pada kulit.

Hebatnya lagi, tidak hanya bagian kulit luar saja tapi juga kulit bagian dalam. Kandungan vitamin C dapat menjaga kesehatan kulit hingga mencapai otot, urat, dan pembuluh darah.

9. Memperlancar Saluran Pencernaan

Serat yang terdapat pada kacang panjang cukup tinggi sehingga bagi kamu yang sering mengalami sembelit bisa mencoba mengkonsumsi kacang panjang secara rutin.

Kandungan serat pada 100 gram kacang panjang dipercaya mampu berikan 12% asupan serat yang dibutuhkan tubuhmu. Dengan asupan serat yang cukup tentunya perut tidak akan mengalami sembelit lagi.

10. Menjaga Kesehatan Tulang

Menjaga kesehatan tulang

Manfaat kacang panjang untuk kesehatan sering disebut juga menghadirkan vitamin K yang tinggi, sehingga mampu mencegah timbulnya penyakit osteoporosis tulang.

Selain vitamin K, kalsium pada kacang panjang juga mampu memperkuat tulang sehingga mempercepat penyembuhan bagian tulang yang patah atau retak.

Beberapa fakta diatas merupakan manfaat kacang panjang untuk kesehatan dan kecantikan. Tapi walaupun tanaman yang satu ini menyehatkan, tidak dianjurkan jika dimakan dalam jumlah yang berlebihan.

Tips lain untuk mendapatkan khasiat optimal dari kacang panjang adalah dengan memakannya dalam keadaan mentah, dalam bentuk lalapan, atau dimasak dulu dengan cara di kukus / di steam. Sebelumnya pastikan kacang panjang sudah dicuci, dan pilihlah sayur organik sehingga bebas pestisida.

Selamat menikmati kacang panjang dan hidup sehat.

Yakin Ngga Mau Nanya ?