Manfaat Cengkeh Untuk Kesehatan

0 Shares

Cengkeh merupakan rempah khas Indonesia yang terkenal dengan aromanya yang unik serta rasanya yang manis. Selain manfaat cengkeh untuk kesehatan, umumnya rempah ini digunakan untuk bumbu dapur bagi ibu ibu rumah tangga.

Tidak jarang juga cengkeh digunakan sebagai penambah rasa pada kue atau pun minuman. Tidak hanya berguna sebagai bahan makanan saja, namun ternyata nutrisi yang dikandung oleh cengkeh bermanfaat bagi kesehatan.

Nah, pada artikel kali ini saya akan memberikan beberapa informasi mengenai peranan cengkeh untuk kesehatan tubuh yang perlu kamu ketahui. Mari simak ulasan berikut ini.

1. Cengkeh Sebagai Pencegah Kanker

Mencegah dan mengobati kanker dengan minyak kelapa murni

Manfaat cengkeh pertama yang wajib kamu ketahui ialah sebagai pelindung dari penyakit mematikan yakni kanker. Antioksidan eugenol yang dikandung cengkeh dapat membantu tubuh dalam melawan radikal bebas yang dapat memicu terjadinya perkembangan kanker.

Selain itu, cengkeh juga kaya akan vitamin C yang bekerja sebagai penetral radikal bebas dalam tubuh. Antioksidan pada cengkeh diteliti memiliki kekuatan lebih efektif hingga lima kali daripada vitamin E serta jenis-jenis antioksidan yang lainnya.

Radikal bebas yang tertimbun di dalam tubuh kamu akan menyebabkan rusaknya kode DNA dan memicu terjadinya stres yang dapat menimbulkan berbagai jenis penyakit kronis berbahaya seperti peradangan sendi, stroke, kanker, hipertensi, hingga penuaan.

Nah, dengan cengkeh kamu dapat mencegah semua penyakit ini terjangkit pada tubuh kamu.

2. Cengkeh Sebagai Pembunuh Bakteri

Bakteri adalah salah satu penyebab timbulnya berbagai penyakit pada tubuh kamu. Cengkeh mempunyai sifat yang disebut sebagai anti-bakteri sehingga infeksi yang disebabkan oleh bakteri dapat berhenti.

Bukan hanya itu saja, cengkeh juga bisa membantu menjaga mulut agar tetap sehat dengan menghentikan bakteri penyebab sakit gigi berlubang, plak pada gigi, serta penyebab penyakit gusi atau yang disebut gingivitis.

Mungkin kamu tidak ingin mengunyah cengkeh, maka kamu dapat menggunakan jenis obat kumur yang terkandung ekstrak cengkeh di dalamnya. Sehingga kamu bisa memperoleh manfaat dari cengkeh untuk kesehatan mulutmu.

3. Manfaat Cengkeh Untuk Kesehatan Hati

Tidak hanya sebagai pencegah dari kanker, eugenol yang di kandung cengkeh juga bisa meningkatkan kesehatan hati kamu. Bahkan sebuah penelitian menunjukkan jika eugenol dapat meredakan rasa sakit akibat gejala sirosis hati.

Oleh karena itu, banyak pakar kesehatan menjadikan cengkeh sebagai obat untuk kesehatan hati.

Meski demikian, mengkonsumsi cengkeh secara berlebihan ternyata juga bisa menjadi pemicu racun bagi hati. Maka sebaiknya kamu tidak memakai cengkeh pada dosis yang terlalu tinggi.

4. Cengkeh Untuk Kesehatan Tulang

Menjaga kesehatan tulang

Kandungan mangan yang terdapat pada cengkeh dapat membantu dalam proses pembentukan tulang, serta merupakan hal penting bagi kesehatan tulang sendiri. Senyawa aktif dari cengkeh akan membantu meningkatkan kepadatan massa tulang, sehingga tulang tidak mudah mengalami pengeroposan secara dini.

5. Cengkeh Sebagai Obat Sakit Maag

Maag merupakan sebuah penyakit yang timbul akibat menipisnya lendir pada lambung yang dapat disebabkan oleh bermacam faktor, misalnya akibat stres serta infeksi.

Pasalnya, minyak esensial dari cengkeh dapat membantu untuk meningkatkan lendir lambung yang berguna untuk mencegah terjangkitnya asam lambung. Selain itu, cengkeh juga dapat mencegah terjadinya pengikisan pada dinding lambung yang diakibatkan oleh cairan asam lambung.

6. Cengkeh Untuk Mengobati Wasir

Manfaat cengkeh untuk kesehatan lainnya yang bisa kamu jumpai ialah sebagai salah satu obat herbal untuk mengobati wasir. Wasir yang kamu alami dapat teratasi dengan mengonsumsi rempah khas tanah air ini.

Namun usahakan kamu hanya mengonsumsi ketika mengalami wasir saja. Karena akan ditakutkan terjadi efek samping lainnya jika kamu terlalu sering mengkonsumsi cengkeh.

7. Cengkeh Sebagai Obat Flu dan Pilek

Jika kamu mengalami flu dan pilek, cobalah untuk tidak langsung ke rumah sakit atau meminum obat dokter. Usahakan untuk mengobati dengan menggunakan obat herbal terlebih dahulu.

Nah, cengkeh merupakan pilihan yang tepat untuk mengatasi flu dan pilek. Kandungan alami dari cengkeh memiliki sangat banyak anti virus serta bakteri. Sehingga seduhan cengkeh akan sangat baik diminum saat flu dan pilek menyerang kamu.

8. Cengkeh Sebagai Anti Mual

Bagi kamu yang sering mual karena banyak hal, meminum air rebusan cengkeh atau yang telah diseduh adalah langkah yang bagus bagi kamu. Karena aroma khas dari cengkeh serta rasa campuran dari rempah yang satu ini akan membantu kamu menghilangkan rasa mual dan pastinya membuat tubuh lebih segar.

9. Cengkeh Sebagai Obat Jerawat

Mencegah munculnya jerawat dengan madu

Keunikan lain dari cengkeh adalah sebagai obat penghilang jerawat. Cengkeh kaya akan antioksidan yang dapat mengobati peradangan akibat bakteri dan infeksi. Sehingga menggunakan cengkeh untuk perawatan jerawat adalah hal yang sangat tepat.

Flavanoid yang ada pada kandungan cengkeh dapat mengatasi peradangan serta rasa nyeri pada jerawat.

10. Cengkeh Untuk Meningkatkan Sistem Pencernaan

Manfaat cengkeh untuk kesehatan yang lainnya yaitu untuk meningkatkan sistem pencernaan pada tubuh kamu. Cengkeh dapat membantu untuk mengendurkan lapisan kelancaran pada saluran pencernaan yang dapat mengurangi terjadinya muntah, diare, serta sakit perut. Namun, ada baiknya jika cengkeh kamu konsumsi dalam jumlah yang tidak berlebihan.

11. Cengkeh Sebagai Obat Batuk

Batuk adalah salah satu jenis penyakit yang sangat mengganggu ketenangan serta kenyamanan kamu. Nah, mengunyah cengkeh bisa membantu kamu meredakan batuk yang diakibatkan oleh rasa gatal berlebihan di bagian tenggorokan. Rasa khas seperti getir, manis dan pahit dari cengkeh mengandung zat kimia yang secara alami dapat mengencerkan dahak.

Selain yang telah saya sebutkan di atas, masih banyak sekali manfaat cengkeh untuk kesehatan yang perlu kamu ketahui. Cengkeh dapat digunakan sebagai bahan alami kecantikan, sebagai obat sakit gigi, pencegah sinusitis, sebagai obat penyehat rambut, dan lainnya.

Semoga artikel ini bermanfaat untuk menambah wawasan kamu akan manfaat bahan herbal bagi kesehatan. Sehingga kamu tidak perlu terlalu ketergantungan pada resep dokter dan obat kimia.

0 Shares

Yakin Ngga Mau Nanya ?