Manfaat Buah Belimbing Wuluh

Saat teringat atau menyebutkan nama buah yang satu ini tentu mulut kamu akan bergetar membayangkan rasa asam yang dimilikinya. Ya, belimbing wuluh jawabannya.

Meskipun belimbing wuluh mempunyai rasa yang asam namun sangat menyegarkan sehingga banyak digunakan untuk tambahan bahan masakan dan makanan.

Belimbing wuluh bukan sejenis buah belimbing star pada umumnya, melainkan varietas yang berbeda dari belimbing buah. Belimbing wuluh berbentuk lonjong bulat dan tidak menyerupai belimbing sayur atau buah.

Besarnya hanya sejempol orang dewasa dan rasanya pun sangat asam.

Meskipun mempunyai rasa yang asam, belimbing wuluh sejak dahulu telah dikenal sebagai bahan masakan yang memberikan cita rasa asam alami pada makanan.

Biasanya, belimbing wuluh ini dibuat sebagai campuran rujak, sayur asam Jawa, hingga asinan. Namun siapa yang mengira jika manfaat belimbing wuluh untuk kesehatan juga cukup banyak.

Kandungan yang dimiliki belimbing wuluh meliputi vitamin B, C, zat besi, antioksidan dan serat yang mampu membantu meredakan sakit batuk, sakit gigi, sariawan, jerawat hingga hipertensi.

Manfaat Belimbing Wuluh Untuk Kesehatan

1. Meredakan Sakit Tenggorokan Akibat Batuk

Cara mudah meredakan batuk

Manfaat yang pertama ialah mengobati batuk. Batuk adalah penyakit yang banyak menyerang mayoritas penduduk Indonesia. Penyakit ini termasuk dalam golongan penyakit menular. Sehingga penyebarannya sangat cepat.

Cara menyembuhkan yang pertama ialah dengan memanfaatkan campuran dari 3 buah belimbing wuluh dengan ukuran sedang, beberapa butir adas, sedikit gula dan air. Rebus selama 1 jam hingga menyisakan sedikit air saja.

Tunggu hingga dingin lalu saring dan minum airnya sebanyak 2 kali sehari.

Cara berikutnya, biasa digunakan untuk menyembuhkan batuk pada balita khususnya masih berusia bulanan. Dengan memanfaatkan bunga belimbing wuluh, rebus dan beri tambahan gula batu dan 1 gelas air lalu sisakan hanya 3 sendok.

Minum 3 kali sehari agar batuk segera sembuh.

2. Mengobati Jerawat di Wajah

Jerawat merupakan masalah yang sering terjadi pada wajah. Bukan hanya menyerang kaum wanita, namun pria dan anak remaja pun akan mengalaminya.

Untuk menghilangkan jerawat pada wajah, seseorang bahkan rela menggelontorkan banyak uang agar dapat menghilangkan jerawat sekaligus bekas yang ditimbulkannya.

Kini, tidak usah repot dan memikirkan dana yang harus dikeluarkan lagi, karena si kecil dan imut belimbing wuluh dapat membantu kamu.

Ambil satu buah belimbing wuluh, haluskan dan langsung aplikasikan menjadi masker. Gunakan secara teratur hingga jerawat mengempis. Namun rasa asamnya mungkin akan mengakibatkan sedikit rasa perih di wajah.

3. Mengobati Sakit Gigi

Cara mengatasi sakit gigi

Manfaat belimbing wuluh untuk kesehatan yang berikutnya ialah untuk mengatasi sakit gigi.

Sakit gigi bukanlah sejenis penyakit kronis namun sangat mengganggu bila dibiarkan. Rasa ngilu dan nyerinya bisa mengganggu aktivitas kita bukan ?

Nah, inilah cara memanfaatkan belimbing wuluh untuk mengobati sakit gigi yaitu dengan menghaluskan 1 belimbing wuluh, lalu cukup dengan mengoleskan ke bagian yang terasa sakit.

Biarkan selama sejam dan bersihkan dengan cara berkumur-kumur. Lakukan hal tersebut agar sakitnya menghilang.

4. Meringankan Kaku dan Nyeri Otot

Tidak nyaman itu, disaat kamu sedang melakukan suatu hal atau bekerja, tiba – tiba kaki menjadi kaku, nyeri atau kram sehingga menghentikan kegiatan atau aktivitas yang dilakukan.

Manfaat belimbing wuluh untuk kesehatan bisa diaplikasikan untuk hal ini.

Cara membuat ramuannya ialah dengan menyiapkan segenggam daun belimbing wuluh, 1 butir belimbing wuluh yang besar, 10 butir cengkeh, dan juga 15 butir merica putih.

Haluskan semua bahan tadi dengan menambahkan sedikit cuka. Setelah halus dan merata barulah bisa kamu gunakan untuk mengobati rasa nyeri, kaku dan kram tadi dengan cara dibalurkan.

5. Menyembuhkan Linu Yang Disebabkan Rematik

Jika sendi sering mengalami rasa sakit hingga terkadang terasa sangat sakit, itu berarti kamu telah terkena rematik. Buatlah ramuan yang digunakan dengan cara di oles ke bagian tubuh yang sakit.

Cara membuat ramuan ialah dengan menghancurkan beberapa belimbing wuluh beserta daunnya dan ditambahkan dengan kapur sirih. Haluskan dan ratakan semua bahan agar bekerja secara optimal.

Oleskan ramuan tadi di bagian yang terkena rematik sebanyak 2 – 3 kali sehari secara teratur hingga bagian tersebut tidak merasa sakit lagi.

6. Mencegah Hipertensi

Mengatasi tekanan darah tinggi

Bagi kamu yang mempunyai tekanan darah tinggi ( hipertensi ) yang mungkin telah putus asa mengkonsumsi banyak obat-obatan medis, bisa mencoba menggunakan manfaat dari daun belimbing wuluh.

Daun belimbing wuluh telah terbukti mempunyai khasiat dalam menurunkan tekanan darah tinggi tersebut.

Gunakanlah daun belimbing wuluh yang berada di bagian tangkai daun yang tumbuh pada bagian tengah pohon, bukan bagian pucuk maupun cabang-cabang yang baru tumbuh dan masih muda.

Ambilah daun yang tidak terlalu muda ataupun tua.

Cara mengobati hipertensi menggunakan daun belimbing wuluh dengan merebus 7 tangkai daun belimbing wuluh dengan rincian seperti diatas ke dalam 5 gelas air. Lalu rebuslah hingga hanya tersisa 3 gelas saja.

Minum air rebusan daun belimbing wuluh tersebut sehari 3 kali.

Jika hipertensi yang di derita telah merambah kepada kinerja jantung maka yang harus dilakukan ialah mengambil 10 gram daun belimbing wuluh yang telah dijemur hingga kering, 10 gram daun kepel dan 5 gram daun sambiloto.

Rebus seluruh bahan tadi hingga ke dalam air sebanyak 5 gelas. Sisakan hanya 3 gelas yang akan kamu minum sebanyak 3 kali sehari.

Nah, itulah beberapa manfaat belimbing wuluh untuk kesehatan yang bisa kamu praktekkan.

Yakin Ngga Mau Nanya ?