Manfaat Tanaman Bawang Putih

Salah satu manfaat bawang putih bagi kesehatan yang tidak bisa disepelekan dan menjadi alasan kenapa bumbu dapur ini banyak dipakai untuk pengobatan alternatif adalah karena khasiatnya sebagai pencegah kanker.

Bicara bawang putih kamu tentu sudah tidak asing lagi. Bagi para ibu yang berkutat di dapur dan memasak untuk keluarga setiap harinya, bawang putih menjadi teman akrab yang setiap hari dikupas untuk bumbu masakan.

Bawang putih berasal dari kelas umbi-umbian yang terdiri dari beberapa siung untuk satu bonggolnya ( ada pula yang disebut bawang tunggal dengan satu siung setiap bonggolnya khusus untuk pengobatan ).

Bawang putih bisa dikonsumsi secara langsung, menjadi bagian dari bumbu masakan, atau dijadikan campuran minuman. Meski baunya sedikit agak aneh, manfaat yang dimilikinya jauh melebihi kekurangan itu. Apa saja manfaatnya ? Ini dia.

1. Kaya Allicin Untuk Mencegah Tumbuh Kembang Bakteri

Manfaat bawang putih bagi kesehatan, salah satunya karena kaya akan senyawa allicin. Ya, jumlah senyawa allicin dalam bawang putih cukup tinggi. Senyawa ini membantu tubuh melawan bakteri penyebab penyakit.

Kandungan nutrisi inilah yang menjadi alasan kenapa bawang putih banyak dijadikan obat sejak jaman dulu, tepatnya sejak zaman mesir kuno. Allicin masuk dalam kategori senyawa sulfur yang menjadi alasan kenapa bumbu dapur yang satu ini memiliki bau yang menyengat dan khas.

Secara lebih detail, manfaat allicin bagi kesehatan adalah sebagai berikut :

  • Membantu mengontrol berat badan
  • Sebagai pencegah kanker, melawan mikroba dan bakteri
  • Menjadikan darah lebih encer dan mencegah terjadinya hipertensi
  • Mengurangi rasa nyeri saat kamu sedang sakit gigi

2. Sebagai Obat Anti Kanker

Mencegah dan mengobati kanker dengan minyak kelapa murni

Riset membuktikan bahwa bawang putih adalah obat herbal yang berperan penting dalam mencegah kanker.

Saat ini, penyakit kanker tidak lagi menjadi penyakit yang langka tetapi masuk dalam kategori penyakit yang mudah ditemukan. Salah satu penyebabnya adalah karena begitu banyak radikal bebas yang bertebaran bersama polusi udara, dan juga makanan.

Jika kamu ingin terhindar dari masalah kesehatan yang satu ini, langkah alternatif yang bisa ditempuh adalah dengan mengkonsumsi bawang putih.

Kenapa harus bawang putih ? Karena bumbu dapur ini kaya akan senyawa sulfide alil yang berperan penting dalam mencegah radikal bebas penyebab kanker dalam tubuh.

Salah satu manfaatnya adalah dalam mencegah kanker payudara. Adapun zat karsinogen yang menyebabkan kanker payudara adalah PhIP. Zat karsinogen tersebut akan diperangi oleh kandungan sulfide alil yang ada dalam bawang putih.

Apakah jenis kanker payudara saja yang bisa dibasmi ? Tentu tidak. Bawang putih ampuh membasmi segala jenis kanker dan mencegah tumbuh kembangnya dalam tubuh. Jadi, kamu yang tidak ingin bersinggungan dengan jenis kanker apapun, jangan lupa rutin konsumsi bawang putih ya.

3. Mencegah Hipertensi

Kaitannya dengan hipertensi, bawang putih seringkali digunakan untuk menurunkan hipertensi. Khasiatnya terbukti efektif dimana bawang putih ampuh menurunkan hipertensi sebanyak 7 hingga 8 persen.

Bagi kamu yang tidak ingin mengalami masalah dengan hipertensi, boleh nih rutin konsumsi bawang putih setiap harinya. Bagi mereka yang memiliki tekanan darah normal sekalipun, bawang putih terbukti mampu menurunkan tekanan dalam darah itu.

Hipertensi dampaknya bagi kesehatan cukup berbahaya. Hipertensi menyebabkan penyakit jantung, dan harus dikontrol agar tidak menyebabkan masalah kesehatan yang lain.

Salah satunya adalah melalui konsumsi bawang putih secara rutin.

4. Manfaat Bawang Putih Bagi Kesehatan Tubuh

Kamu yang ingin menjaga kesehatan tubuhmu secara alami, tidak salah jika memilih bawang putih sebagai obat herbal utama yang kaya akan manfaat.

Ya, bawang putih mengandung begitu banyak nutrisi penting bagi tubuh dan rendah kalori. Dengan konsumsi bawang putih, nutrisi yang kamu butuhkan akan terpenuhi dengan baik.

Beberapa nutrisi tersebut antara lain adalah vitamin C, kalsium, zat besi, karbohidrat dan serat makanan dalam jumlah yang mencukupi. Bagi kamu yang ingin mencukupi nutrisi tubuh tanpa khawatir akan bayang-bayang lemak jenuh yang berbahaya, bawang putih solusinya.

5. Sebagai Zat Anti oksidan, Anti Jamur & Anti Virus

Kita mungkin sering kali berpikir bahwa kita sedang dalam keadaan sehat wal’afiat. Faktanya tidak demikian, ada virus, ada jamur, ada mikroba, ada zat anti oksidan berbahaya yang tidak bisa kita deteksi dengan mata kepala telanjang.

Untuk mencegah kemungkinan buruk yang akan terjadi, salah satu caranya adalah dengan mengkonsumsi bawang putih secara rutin. Bawang putih adalah bumbu dapur yang direkomendasikan dan terbukti ampuh mencegah radikal bebas, virus, bakteri, dan jamur penyebab penyakit.

6. Menurunkan Kolesterol Jahat Dalam Tubuh

Bahaya kolesterol untuk tubuh

Manfaat bawang putih bagi kesehatan lainnya adalah untuk mengontrol kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Penyakit kolesterol disebabkan oleh tingginya konsumsi lemak jahat dan harus segera diatasi dengan cara yang tepat agar tidak menyebabkan stroke.

Telah banyak pengidap kolesterol yang mencoba pengobatan herbal dengan cara mengkonsumsi bawang putih setiap harinya. Kandungan nutrisi di dalamnya efektif turunkan kadar lemak jahat dalam tubuh yang menyebabkan kolesterol.

Kamu tidak perlu khawatir sebab mengkonsumsi bawang putih tidak berarti jumlah kadar lemak baik akan menurun. Riset membuktikan bahwa efek bawang putih dalam menurunkan lemak baik tidak terlalu signifikan.

Lain halnya reaksi yang diberikan pada lemak jahat.

Jika ada cara herbal yang lebih aman, kenapa harus memilih cara kimiawi yang membahayakan, setuju ? Manfaat bawang putih bagi kesehatan yang luar biasa akan mengatasi masalah kesehatanmu tanpa efek samping sama sekali.

Yakin Ngga Mau Nanya ?