Manfaat Utama Bawang Merah

0 Shares

Sebagian besar orang belum mengetahui banyaknya manfaat bawang merah untuk kesehatan. Kebanyakan yang mengenal bawang merah hanya untuk digunakan sebagai bahan memasak dan membuat masakan menjadi lebih enak.

Padahal ada banyak sekali manfaat-manfaat lainnya yang bisa kamu ambil dari tanaman yang satu ini. Kira-kira, apa saja khasiat bawang merah untuk kesehatan dan kecantikan ?

Simak ulasannya berikut ini.

1. Mengontrol Kolesterol Dalam Tubuh

Kolesterol menjadi momok yang menakutkan dalam dunia kesehatan, khususnya bagi kesehatan orang yang berusia lanjut. Pada dasarnya kolesterol merupakan salah satu kandungan yang dibutuhkan oleh tubuh.

Akan tetapi porsi yang berlebihan justru akan membawa penyakit kronis yang sangat riskan bagi jiwa manusia.

Oleh karena itulah mengkonsumsi bawang merah secara rutin akan mengurangi risiko terkena kolesterol karena kandungannya mampu mengontrol kolesterol baik dan melawan kolesterol jahat dalam tubuh.

Bawang merah mengandung quercetin yang berfungsi untuk meningkatkan lemak baik sehingga kolesterol jahat bisa dihilangkan. Quercetin masuk dalam kelompok flavonoid yang memiliki manfaat antioksidan tinggi dalam tubuh.

Dengan kandungan tersebut membuat organ dalam tubuh akan bekerja lebih optimal dalam menjaga kesehatan dan mengeluarkan kandungan jahat di dalamnya.

2. Membantu Imun Kekebalan Tubuh

Sistem kekebalan tubuh

Kandungan flavonoid juga merangsang imun dalam tubuh agar semakin peka terhadap gangguan-gangguan yang masuk ke dalam tubuh. Kandungan ini akan memperkuat sistem kekebalan tubuh melalui antioksidan.

Dengan kandungan tersebut tentu saja penyakit tidak mudah masuk dalam tubuh sehingga kondisinya tetap terjaga.

Sebagaimana diketahui bahwa beberapa penyakit yang masuk ke dalam tubuh manusia disebabkan oleh radikal bebas sehingga dengan kandungan tersebut tubuh secara otomatis akan menolaknya dan membuat kerja sistem kekebalan tubuh lebih efisien.

3. Membersihkan Racun dan Toksin

Manfaat bawang merah untuk kesehatan lainnya, yakni mengandung vitamin C yang kompleks sehingga mampu untuk menjernihkan darah yang ada di dalam tubuh dari kandungan timbal, arsenik, dan kadmium.

Darah yang bersih dan murni akan lebih mudah di edarkan ke seluruh tubuh sehingga pemenuhan kebutuhan darah akan membantu memaksimalkan fungsi organnya.

Tak heran beberapa penelitian menyebutkan bahwa konsumsi bawang merah juga bisa mempertajam fungsi otak sehingga seseorang akan terhindar dari risiko pikun.

Selain dalam darah, kandungan vitamin C pada bawang juga mampu memberikan rangsangan pada sistem pencernaan agar melunturkan toksin dan racun yang mengganggu asupan nutrisi pada makanan.

Racun dan toksin tersebut akan dibawa keluar sehingga sistem pencernaan bisa lancar. Sistem pencernaan yang lancar juga mampu membantu kesehatan manusia agar tidak mudah sakit dan konsumsi nutrisi setiap harinya bisa terpenuhi.

4. Menurunkan Resiko Kanker

Sudah banyak penelitian yang menyebutkan bahwa bawang merah juga menjadi salah satu rekomendasi makanan yang mampu menurunkan risiko terkena kanker.

Bawang merah memiliki kandungan organosulphur yang efektif menghilangkan penyebab awal kanker prostat.

Organisme ini akan menciptakan sebuah perlindungan yang siap menangkal semua kondisi awal yang menyebabkan kanker. Kemudian dia secara aktif akan membasmi organisme merugikan dalam tubuh yang berpeluang menimbulkan gangguan pada kelenjar prostat.

Beberapa kasus menyebutkan bahwa makanan yang dicampur dengan bawang merah memiliki resiko kanker yang rendah dibandingkan makanan tanpa bawang merah. Apalagi dengan sistem antioksidan dan anti-inflamasi di dalamnya semakin memperkecil resiko terkena penyakit kronis.

Oleh karena itulah dengan mengkonsumsi bawang merah rutin mampu memperbaiki kelenjar prostat dan akan melindungi kamu dari resiko terkena kanker.

5. Sebagai Obat Luka Luar

Manfaat bawang merah untuk mengobati luka luar

Bawang merah juga sering digunakan sebagai pertolongan pertama pada luka luar untuk mencegah terjadinya infeksi.

Bawang merah mengandung lendir yang aktif membunuh bakteri penyebab infeksi pada luka sehingga dengan membubuhkan pada luka tersebut sudah cukup untuk membuat luka cepat kering dan sembuh.

Untuk hasil terbaik cobalah untuk mencampurkan manfaat dari zat anti-bakteri pada bawang merah dengan kunyit. Kedua bahan ini sering menjadi bahan untuk pertolongan pertama pada luka bakar atau luka luar lainnya yang membutuhkan penanganan segera.

Bawang merah juga mampu membunuh bakteri E. Coli dan salmonella yang sering menyebabkan seseorang diare bahkan TBC.

6. Manfaat Bawang Merah Untuk Kesehatan Wajah

Siapa sangka bahwa bawang merah juga bisa digunakan sebagai perawatan kecantikan untuk menghilangkan jerawat dan flek hitam. Zat flavonoid menjadi kandungan yang efektif untuk membersihkan penyebab masalah-masalah tersebut.

Khususnya pada jerawat yang bandel, maka dalam waktu singkat dan perawatan yang benar akan mendapatkan hasil maksimal. Beberapa pusat perawatan juga menggunakan bahan ini sebagai perawatan kecantikannya.

Karena bau bawang merah yang menyengat, ada beberapa cara untuk mengatasi masalah tersebut. Diantaranya adalah mencampurkan bawang merah dengan buah-buahan atau madu.

Kedua bahan tersebut memiliki fungsi yang sama yakni memberikan vitamin dan mineral pada wajah.

Kedua kandungan tersebut merupakan zat yang dibutuhkan untuk wajah yang lebih bersih dan terbebas dari gangguan-gangguan seperti jerawat, bintik hitam, wajah kusam, dan flek hitam.

7. Membantu Pengobatan Diabetes

Manfaat bawang merah untuk kesehatan juga tengah di ujicoba kandungannya untuk mengobati diabetes.

Penyakit gula darah ini memang kerap kali menyerang manusia bahkan menggerogotinya. Tak heran penyakit ini menjadi salah satu penyakit kronis yang mengintai setiap manusia yang tidak bisa mengontrol gulanya.

Bawang merah memiliki senyawa aktif yang bisa mengontrol insulin dalam tubuh.

Terutama efek hipoglikemiknya yang terbukti mampu mengurangi produksi insulin dalam tubuh sehingga terhindar dari resiko diabetes baik pada tipe I maupun tipe II.

8. Memperbesar Ukuran Payudara

 

Cara membesarkan payudara secara alami

Manfaat bawang merah untuk kesehatan lainnya, antara lain ternyata mampu memperbesar ukuran payudara kamu. Hal ini sudah lama menjadi rahasia umum turun-temurun.

Kandungan alami yang dimiliki bawang merah memungkinkan kamu untuk merawat payudara agar bentuknya lebih padat berisi dengan cara yang alami tanpa efek samping. Bentuk payudara yang indah tentunya menjadi idaman setiap wanita.

Cara menggunakannya pun cukup sederhana. Cukup siapkan 20 siung bawang merah yang sudah dikupas sehingga tampak bagian dalamnya yang mengkilat, lalu di blender / ditumbuk tanpa tambahan bahan lainnya.

Setelah halus, kamu bisa mengoleskannya ke seluruh bagian payudara dan diamkan selama 10 – 15 menit. Kamu juga bisa melakukan pijatan-pijatan lembut agar ramuannya meresap.

Lakukan setidaknya sehari sekali sebelum mandi untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

9. Mengurangi Masalah Peradangan

Bawang merah juga efektif menyembuhkan masalah radang baik radang pada sendi maupun radang pada sistem pernafasan. Hal ini tak lepas dari kandungan onionin A dan quercetin yang mampu menangkal penyebab terjadinya radang.

Pada beberapa pengobatan tenggorokan misalnya, manfaat bawang merah untuk kesehatan biasa digunakan sebagai campuran gurah untuk mengeluarkan lendir dalam tenggorokan.

0 Shares

Yakin Ngga Mau Nanya ?