Cara Mengobati Sakit Gigi

57 Shares

Fungsi vital gigi adalah untuk mengunyah. Gigi juga berperan melindungi bagian rongga mulut kamu. Oleh karena itu, kamu harus tau cara mengobati sakit gigi berlubang dan mencegahnya sehingga gigi kamu sehat dan kuat.

Selain itu, gigi merupakan salah satu organ yang berperan dalam pencernaan secara mekanik. Penyakit gigi berlubang sangat berbahaya jika dibiarkan, karena dapat menyebabkan infeksi pada jaringan tubuh.

Gigi berlubang juga dapat menyebabkan rasa nyeri berlebihan, munculnya abses atau kantong nanah, penyakit gusi, bahkan hingga memicu penyakit jantung yang dapat menyebabkan kematian.

Penyebab Gigi Berlubang

Banyak sekali faktor yang menyebabkan gigi berlubang. Beberapa diantaranya :

1. Bakteri

Bakteri yang dapat menyebabkan gigi berlubang antara lain adalah Lactobacillus acidophilus, bakteri streptokokus dan Odontomyces viscoses.

2. Merokok

Aktivitas merokok dalam jangka waktu lama dapat menyebabkan terganggunya produksi air liur yang berfungsi untuk memelihara bagian permukaan gigi tetap bersih.

3. Pola Makan

Menjaga pola makan sehat

Ternyata pola makan yang salah juga bisa menjadi pemicu.

Hal ini dikarenakan pola makan yang tidak seimbang dapat menyebabkan gigi berlubang, terutama terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung gula.

Contohnya adalah permen, cokelat dan lain – lain.

Mengkonsumsi gula berlebihan dapat menjadi sumber energi bagi tumbuhnya bakteri penyebab gigi berlubang. Selain itu, bakteri akan mengubah zat – zat sisa makanan menjadi asam laktat yang menjadikan gigi berlubang secara perlahan.

Oleh karenanya, penting bagi kamu untuk mengetahui cara untuk hidup sehat, termasuk salah satunya adalah menjaga pola makan. Karena pola makan yang tidak dijaga bisa menimbulkan banyak penyakit lainnya selain sakit gigi.

4. Cara Menyikat Gigi

Menyikat gigi dengan cara yang sempurna dapat membantu kamu memelihara kesehatan gigi dan mencegah gigi berlubang. Jika cara menyikat gigi kamu tidak benar maka sisa makanan yang ada pada gigi tidak dapat hilang seluruhnya.

Kuman – kuman pada gigi menyebabkan gigi kamu berlubang.

Apabila kamu jarang menggosok gigi dapat menyebabkan gigi berlubang. Hal ini dapat terjadi karena bakteri dan kuman pada sisa makanan akan berkembang dengan cepat. Oleh karena itu, kamu disarankan untuk menggosok gigi 2 kali sehari.

Selain itu, pasta dan sikat gigi yang tidak sesuai juga menjadi salah satu faktor yang memicu timbulnya gigi berlubang. Hal ini dapat terjadi karena sikat gigi kamu tidak mampu menghilangkan sisa sisa makanan sehingga dapat menjadi sarang kuman dan bakteri.

5. Karies Gigi

Karies gigi merupakan salah satu penyakit yang dapat merusak struktur gigi akibat terjadinya infeksi.

Beberapa faktor yang dapat menyebabkan kamu terkena karies gigi antara lain adalah enamel gigi yang tidak terbentuk sempurna, dan adanya bakteri seperti Streptococcus mutans yang berada di dalam mulut.

Penyakit ini tidak dapat dibiarkan begitu saja, dikarenakan dapat menyebabkan gigi berlubang, infeksi, hingga gigi lepas.

Gejala yang muncul akibat karies gigi antara lain adalah nyeri, terdapat lubang pada gigi, permukaan gigi berwarna cokelat, hitam atau putih, gigi menjadi sensitif, dan lain – lain.

Cara mengatasi karies gigi antara lain adalah dengan rajin menggosok gigi minimal 2 kali sehari, setelah makan dibiasakan untuk berkumur dengan obat kumur, rajin memeriksakan gigi untuk membersihkan gigi.

Selain itu kamu juga harus mengimbangi dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung nutrisi untuk gigi.

Gejala Yang Timbul

Banyak cara mengobati sakit gigi berlubang. Namun sebelumnya perlu kamu ketahui gejala gigi berlubang. Berikut ini adalah beberapa gejala yang dapat timbul :

1. Bau Mulut

Bau mulut dapat timbul akibat adanya pertumbuhan bakteri pada mulut. Bakteri akan menggunakan sisa – sisa makanan untuk di dekomposisi. Hasil dari proses tersebut menyebabkan timbulnya pembusukan sehingga timbul bau mulut.

2. Gusi Bengkak

Gusi bengkak merupakan salah satu gejala gigi berlubang karena dalam gigi berlubang banyak dijumpai bakteri. Saat gigi banyak bakteri maka berpengaruh menimbulkan gusi kamu bengkak.

Selain itu, biasanya nyeri pada gusi juga disertai dengan berdenyut.

Cara Mengobati Sakit Gigi Berlubang

1. Garam

Kandungan sodium yang tinggi pada garam dapat membantu mengatasi bakteri penyebab gigi berlubang. Cara penggunaannya pun sangat mudah, yaitu dengan melarutkan garam ke dalam air hangat lalu digunakan untuk berkumur – kumur.

Hal ini bertujuan untuk membasmi bakteri.

2. Lemon

Manfaat lemon untuk wajah

Selain bermanfaat untuk mengobati bekas jerawat, lemon juga mengandung asam yang dapat membantu menstabilkan pH mulut. Lemon berfungsi sebagai anti-bakteri sehingga dengan mengkonsumsi lemon dapat mencegah tumbuhnya bakteri penyebab gigi berlubang.

Caranya, kamu berkumur – kumur dengan air lemon yang telah dicampur dengan air hangat.

3. Jeruk Nipis

Seperti halnya lemon, maka jeruk nipis pun juga dapat membantu membunuh bakteri di dalam mulut sehingga mulut bersih dan terbebas dari bakteri penyebab gigi berlubang.

Caranya mudah, yaitu mencampurkan air perasan jeruk nipis dengan air hangat kemudian digunakan untuk berkumur.

4. Belimbing Wuluh

Manfaat belimbing wuluh untuk gigi berlubang

Belimbing wuluh juga memiliki sifat anti-bakteri yang dapat membantu membersihkan bakteri di dalam mulut. Cara menggunakannya adalah dengan menghaluskan belimbing wuluh lalu dioleskan pada bagian gigi yang terkena sakit.

5. Daun Jambu Biji

Adanya kandungan senyawa anti-bakteri, anti-inflamasi dan analgesi yang sangat kuat menjadikan daun jambu biji dapat digunakan untuk membantu mencegah gigi berlubang.

Caranya adalah dengan merebus daun jambu biji, lalu air rebusan tersebut digunakan untuk berkumur.

6. Daun Sirih

Manfaat daun sirih untuk kesehatan

Daun sirih juga mengandung senyawa anti-bakteri yang tinggi sehingga dapat mencegah infeksi pada gigi dan menghambat pertumbuhan bakteri penyebab gigi berlubang. Caranya adalah dengan merebus daun sirih dan air rebusan tersebut digunakan untuk berkumur – kumur.

Kamu juga dapat mengunyah daun sirih untuk mengatasi rasa sakit akibat gigi berlubang.

7. Bawang Merah

Bawang merah dapat membantu mengobati sakit gigi berlubang karena bawang merah mengandung senyawa anti-bakteri yang mampu membunuh bakteri penyebab gigi berlubang.

Caranya adalah dengan menghaluskan bawang merah lalu tempelkan pada bagian gigi yang sakit.

8. Bawang Putih

Manfaat bawang putih untuk kesehatan

Bawang putih mengandung senyawa antiseptik yang dapat membantu mengobati sakit gigi.

Cara mengobati sakit gigi berlubang dengan bawang putih adalah dengan mengunyah secara langsung atau dengan menghaluskan bawang putih lalu ditempelkan pada bagian yang sakit.

Lakukan cara tersebut secara rutin sehingga dapat optimal dalam mengobati rasa sakitnya. Selain itu, bawang putih juga dapat mengatasi gigi kuning, plak gigi, karang gigi, gusi berdarah, dan gusi yang bengkak.

9. Asam Jawa

Asam jawa juga dapat berfungsi sebagai antiseptik, sekaligus salah satu cara mengobati sakit gigi berlubang yang cukup ampuh. Cara menggunakannya pun sangat mudah, yaitu dengan menyangrai biji asam, selanjutnya tempelkan biji asam tersebut pada bagian gigi yang sakit dan berlubang.

10. Cengkeh

Mengobati sakit gigi menggunakan cengkeh

Cara mengobati sakit gigi berlubang yang terakhir adalah menggunakan cengkeh. Manfaat cengkeh mengandung asam klorida yang dapat meredakan sakit gigi.

Selain itu, cengkeh juga dapat  mengobati gigi yang berlubang, membersihkan gigi dan menghilangkan rasa nyeri pada gigi yang berlubang. Caranya adalah dengan menghaluskan cengkeh lalu ditempelkan pada bagian yang terasa sakit.

Selanjutnya berkumur menggunakan air hangat.

Kesimpulan

Bagaimana, sudah terbayang betapa bahaya penyakit gigi berlubang, dan pentingnya untuk menjaga kesehatan gigi kamu ? Saran saya, mulai sekarang mulai sedikit demi sedikit mengatur pola hidup.

Cara mengobati sakit gigi berlubang memang mudah dengan menggunakan bahan – bahan alami. Namun kalau kita bisa mencegahnya, bukankah itu lebih baik ?

Semangat untuk hidup sehat alami !

57 Shares

Yakin Ngga Mau Nanya ?