Cara Mengobati Mata Minus

Hingga kini, berbagai topik yang membahas seputar cara mengobati mata minus kian banyak dicari oleh masyarakat, utamanya bagi mereka yang menderita rabun jauh.

Hal tersebut dikarenakan mata adalah salah satu organ tubuh yang penting. Namun, seiring dengan perkembangan zaman dan teknologi banyak sekali orang yang terkena penyakit mata seperti rabun jauh, rabun dekat, katarak, dan lain – lain.

Biasanya disebabkan karena faktor keturunan atau karena kebiasaan pola hidup yang buruk. Berikut ini adalah beberapa penyebab mata minus atau rabun jauh :

  • Faktor genetik. Apabila salah satu dari anggota keluarga ada yang menderita rabun jauh maka dapat diwariskan kepada keturunannya.
  • Kebiasaan membaca sambil tiduran dengan jarak yang dekat atau pun membaca di tempat yang redup juga menjadi penyebab mata minus.
  • Jarang melakukan aktivitas di luar ruangan.

Alangkah baiknya jika kamu membiasakan diri untuk mencoba tips hidup sehat dengan sering melakukan aktivitas di luar, banyak mengkonsumsi vitamin A, menghindari membaca di tempat gelap atau redup.

Hal tersebut menjadi salah satu cara mengobati mata minus.

Adapun gejala seseorang yang menderita rabun jauh antara lain adalah sering merasa sakit, mata mudah lelah dan tegang. Jika kamu merasakan gejala semacam itu harus segera diatasi, agar mata kamu tetap sehat dan terhindar dari penyakit mata.

Cara Mengobati Mata Minus

Berikut ini adalah beberapa cara mengobati mata minus :

1. Jus Lidah Buaya

Manfaat lidah buaya bagi kesehatan wajah

Kamu bisa mencoba mengkonsumsi jus lidah buaya selama seminggu dengan menambahkan bahan – bahan alami seperti madu atau lemon. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan jus buah bit.

Agar khasiatnya lebih bagus kamu bisa menambahkan belimbing ataupun wortel.

2. Lilin

Cara menyembuhkan mata minus menggunakan lilin adalah dengan menyalakan lilin, lalu tatap lilin beberapa menit dan diusahakan jangan sampai berkedip. Hentikan saat air mata sudah keluar.

Kegiatan ini wajib dilakukan rutin selama beberapa hari.

3. Wortel

Manfaat wortel untuk kesehatan

Wortel mengandung beta karoten yang dapat memicu produksi vitamin A yang bagus untuk memelihara kesehatan mata. Caranya adalah dengan membuat wortel menjadi jus dan kamu disarankan untuk meminumnya setiap hari.

4. Daun Sirih

Daun sirih mengandung banyak senyawa yang penting bagi tubuh. Senyawa tersebut antara lain adalah sineol, karvakol, eugenol, kavikol, dan kadenin.

Selain itu, daun sirih juga mengandung minyak atsiri, salah satunya adalah kavikol yang berfungsi sebagai antioksidan dan membantu membununuh bakteri serta jamur.

Bahan alami yang satu ini memang telah lama dikenal sebagai salah satu solusi untuk mengobati sakit gigi, mata minus, dan berbagai penyakit lainnya.

Cara menggunakannya pun sangat mudah, yaitu dengan menggunakan 2 lembar daun sirih yang sudah bersih lalu tempelkan daun sirih pada mata sebelum tidur, lalu di pagi harinya dilepas.

Selain itu, kamu juga bisa merendam daun sirih dalam air, lalu diremas – remas hingga air berubah menjadi berwarna hijau. Selanjutnya mata direndam pada air tersebut selama tiga puluh menit.

5. Tanpa Kacamata

Memfokuskan pandangan dengan telunjuk pada posisi duduk. Letakkan telunjuk 10 Cm dari hidung. Caranya adalah dengan memfokuskan pandangan pada telunjuk lalu, alihkan fokus pada obyek yang jauh dibelakang telunjuk.

Selanjutnya ulangi langkah yang sama sebanyak 10 kali setiap hari.

Melakukan senam mata juga merupakan cara mengobati mata minus. Caranya adalah dengan menggoyangkan bola mata ke kanan dan ke kiri lalu berputar dan berkedip. Tujuan dari senam mata adalah untuk melumasi mata agar tidak kering.

Selain itu, kamu juga bisa menjemur mata saat pagi hari agar mendapatkan vitamin D.

6. Liburan ke Alam

Salah satu cara untuk mengatasi penyakit mata minus adalah melihat obyek pemandangan berwarna hijau. Hal ini dikarenakan warna hijau dapat memberikan efek ketenangan dan kenyamanan pada mata.

7. Mengompres Mata

Cara mengompres mata dengan baik

Cara mengompres mata adalah dengan cara memasukkan mata pada air hangat kemudian di kedip – kedipkan beberapa menit. Selain itu, kamu dapat merawat dan membersihkan mata dengan obat tetes.

8. Lepas Kacamata Saat Tidak Digunakan

Menggunakan kacamata dapat menyebabkan otot mata kaku. Hal ini dikarenakan mata selalu fokus pada lensa. Oleh karena itu, kamu dianjurkan untuk melepas kacamata ataupun softlens saat tidak digunakan.

9. Melatih Fokus Dengan Warna

Kamu bisa melatih fokus mata kamu dengan cara melihat benda – benda berwarna di sekeliling. Contohnya, hari ini lihatlah benda – benda berwarna biru, keesokan harinya lihatlah benda dengan warna yang berbeda, begitu seterusnya.

10. Mengkonsumsi Vitamin A

Makanan yang mengandung vitamin A

Salah satu cara mengobati mata minus adalah dengan dibantu mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin A.

Vitamin A merupakan salah satu vitamin yang bagus untuk memelihara kesehatan mata, berfungsi sebagai antioksidan bagi tubuh dan membantu menutrisi selaput lendir pada bagian mata.

Makanan yang banyak vitamin A antara lain adalah sebagai berikut :

  • Hati sapi dan hati Ayam
  • Berbagai jenis ikan seperti ikan tuna dan makarel
  • Mentega

Makanan yang berbahan baku mentega merupakan salah satu sumber vitamin A yang sangat tinggi. Hal ini dapat kamu jumpai pada makanan seperti kue, bumbu masak dan lain – lain.

  • Susu

Susu mengandung retinol yang bagus sebagai sumber vitamin A. Retinol berfungsi sebagai pencegah kebutaan katarak, dan sindrom akibat cairan mata yang kering.

  • Telur

Adanya kandungan vitamin A pada telur dapat membantu mencegah kebutaan dan mencegah kerusakan organ mata. Hal ini dikarenakan telur memiliki zeaxanthin dan lutein di dalamnya.

  • Keju

Keju merupakan salah satu makanan yang kaya akan retinol. Retinol sangat  bagus untuk membantu memelihara kesehatan mata. Selain itu, juga dapat berfungsi mencegah tekanan darah tinggi.

  • Yogurt

Yogurt memiliki banyak vitamin dan mineral yang bagus untuk memelihara kesehatan mata dan tubuh. Hal ini dikarenakan yogurt mengandung nutrisi seperti protein, karbohidrat, lemak, serat dan mineral seperti kalsium, zat besi, fosfor dan lain – lain.

  • Ubi Jalar

Ubi merupakan salah satu jenis umbi – umbian yang dapat ditemukan dengan mudah.

Ubi mengandung berbagai senyawa yang bagus untuk menutrisi tubuh. Salah satunya adalah mengandung vitamin A yang bagus untuk kesehatan mata sehingga dapat mencegah gangguan mata seperti rabun jauh, rabun dekat, katarak dan kebutaan.

  • Wortel

Wortel mengandung senyawa beta karoten yang tinggi, senyawa tersebut dapat di konversi menjadi retinol. Kamu disarankan banyak mengkonsumsi wortel untuk mencegah gangguan penyakit mata saat usia lanjut kelak.

  • Bayam

Bayam merupakan salah satu sayuran yang banyak digemari. Hal ini dikarenakan bayam banyak mengandung vitamin A yang berfungsi memelihara kesehatan mata.

Selain itu, vitamin A di dalam bayam juga berfungsi menghambat penuaan, melindungi kulit dan lain – lain.

Yakin Ngga Mau Nanya ?