Cara Mengatasi Rambut Rontok

Banyak cara mengatasi rambut rontok secara alami, seperti mengkonsumsi makanan yang dapat membantu memelihara kesehatan kulit kepala dan mencegah rambut rontok seperti kacang – kacangan, kerang, susu, ikan, daging dan telur.

Selain itu, kamu juga disarankan untuk banyak mengkonsumsi buah – buahan dan sayuran. Kamu dapat menggunakan bahan herbal alami untuk merawat dan menutrisi rambut sehingga mencegah dari kerontokan.

Memiliki rambut yang sehat dan kuat adalah impian setiap wanita. Tentu kamu juga menginginkan agar rambut tetap sehat dan tidak mudah rontok bukan ?

Sebelum membahas lebih jauh solusi mengatasi kerontokan rambut, kamu perlu tau beberapa hal yang jadi penyebabnya.

Penyebab Rambut Rontok

Rambut rontok dapat disebabkan oleh beberapa hal berikut ini :

1. Pengaruh Hormon

Hormon DHT merupakan hormon yang menyebabkan rontok.

Hal ini dikarenakan hormon tersebut dapat membuat sel folikel rambut menyusut. Sel folikel berfungsi untuk menumbuhkan rambut dan mengandung minyak yang dapat menjadi pelumas rambut dan kulit.

Hormon DHT diproduksi karena pengaruh tingginya kadar hormon lain seperti progesteron, estrogen atau pun testosteron.

2. Malnutrisi

Nutrisi yang bagus dapat menutrisi sel folikel sehingga rambut dapat tumbuh secara optimal. Namun, apabila nutrisi di dalam tubuh tidak terpenuhi maka dapat menjadikan rambut kamu mudah rontok.

3. Pengaruh Bahan Kimia

Beberapa bahan kimia seperti cat rambut ataupun berbagai macam perawatan rambut dapat menyebabkan rambut mudah rapuh dan patah sehingga memicu kerontokan.

4. Faktor Genetik

Faktor genetik ternyata juga mampu membuat rambut rontok. Salah satu contohnya adalah kepala botak. Orang tua yang memiliki rambut botak dapat diwariskan kepada anaknya, pada umumnya terjadi pada laki – laki.

5. Stress

Stress dapat memicu rambut mudah rontok, hal ini dikarenakan stress menyebabkan aliran darah di dalam tubuh terganggu. Efeknya adalah sel folikel menjadi kekurangan suplai oksigen sehingga rambut tidak dapat tumbuh dengan baik.

6. Faktor Usia

Seiring dengan bertambahnya usia ternyata juga dapat menyebabkan menipisnya sel folikel sehingga rambut kamu akan mudah patah dan rontok dibanding saat masih muda.

Namun, kamu jangan khawatir karena semua itu dapat diatasi dengan mengkonsumsi vitamin dan makanan yang banyak mengandung protein, zat besi dan zink.

Contohnya adalah telur, bayam dan lain – lain.

Cara Mengatasi Rambut Rontok Secara Alami

Ada banyak cara mengobati rambut rontok yang harus kamu ketahui. Berikut ini merupakan beberapa cara untuk mengatasinya menggunakan bahan – bahan yang alami :

1. Lidah Buaya

Kegunaan lidah buaya bagi kesehatan

Salah satu manfaat lidah buaya yakni merupakan salah satu tanaman yang bersifat eksfoliate yang berfungsi sebagai pencegah timbulnya penyumbatan kulit oleh sel – sel kulit yang mati.

Hal ini menyebabkan transportasi nutrisi di dalam tubuh lancar sehingga rambut kamu tidak mudah rontok dan tumbuh dengan bagus.

Cara menggunakannya pun sangat mudah, yaitu dengan mengambil gel tanaman lidah buaya lalu kamu oleskan pada kulit kepala dan dibiarkan hingga pagi. Lalu dibilas dengan air bersih.

Kamu juga dapat mengkonsumsinya dengan meminum 1 sendok teh lidah buaya untuk membantu menutrisi kulit kepala.

Dan ternyata, selain ampuh untuk mengatasi berbagai penyakit pada rambut, tanaman berduri yang satu ini juga bisa kamu gunakan untuk mengobati mata minus lho.

2. Bawang Merah

Manfaat bawang merah untuk kesehatan

Bawang merah selain dapat digunakan untuk bumbu masak, ternyata juga dapat digunakan untuk mencegah rambut rontok. Hal ini dikarenakan bawang merah mengandung sulfur yang tinggi.

Sulfur berfungsi memperkuat folikel rambut dan membantu me-regenerasi sel folikel.

Selain itu, adanya kandungan senyawa anti-bakteri menjadikan bawang merah dapat membunuh bakteri penyebab rambut rontok dan infeksi pada kulit kepala kamu.

3. Teh Hijau

Manfaat teh hijau untuk kesehatan

Teh hijau mengandung antioksidan tinggi yang dapat berfungsi untuk membantu pertumbuhan rambut dan sebagai anti-bakteri.

Hal ini menyebabkan kulit rambut kamu tetap sehat sehingga rambut tidak mudah rontok. Cara penggunaannya pun sangat mudah, yaitu dengan mengoleskannya pada kulit kepala kamu lalu bilas rambut dengan shampo dan air.

4. Minyak Kelapa

Manfaat minyak kelapa murni sebagai pembersih kulit

Minyak kelapa mengandung asam lauric yang berfungsi sebagai anti-bakteri yang mencegah infeksi pada kepala dan membantu menjaga kelembaban rambut.

Hal ini dapat memperkuat rambut kamu sehingga tidak mudah rontok.

Cara mengatasi rambut rontok secara alami menggunakan minyak kelapa terbilang mudah, yaitu dengan mengoleskan minyak kelapa pada rambut dan dibiarkan selama satu jam.

Setelah itu, di bilas dengan shampo dan air.

5. Minyak Lavender

Manfaat minyak lavender untuk kesehatan tubuh

Minyak lavender mengandung senyawa antioksidan yang dapat membantu pertumbuhan rambut sehingga tidak mudah patah dan rontok. Selain itu, minyak tersebut juga dapat berfungsi sebagai antiseptik yang dapat meredakan infeksi.

Cara menggunakannya pun mudah, yaitu dengan mengoleskan minyak lavender ke kepala lalu kamu diamkan selama satu jam. Setelah itu cucilah rambutmu mengggunakan shampo.

6. Minyak Zaitun

Manfaat minyak zaitun untuk wajah kusam

Minyak zaitun mengandung senyawa antioksidan yang tinggi dan dapat membantu mencegah rambut rontok. Selain itu, kandungan vitamin E dan asam lemak tak jenuh dapat menutrisi rambut agar lebih kuat dan tidak mudah patah.

Cara pemakaiannya adalah dengan mengoleskan minyak zaitun ke kepala, lalu didiamkan selama 1 jam, kemudian di bilas menggunakan shampo dan air.

7. Santan

Manfaat santan untuk kesehatan rambut

Santan mengandung banyak asam lemak omega 3 yang tinggi.

Adanya kandungan senyawa tersebut menjadikan rambutmu tumbuh dengan baik sehingga bisa dipakai sebagai cara mengatasi rambut rontok secara alami.

Cara pemakaiannya adalah dengan memasak santan terlebih dahulu. Selanjutnya dioleskan pada rambut, lalu diamkan beberapa menit dan di bilas menggunakan shampo dan air.

8. Bawang Putih

Manfaat bawang putih untuk kesehatan

Seperti halnya bawang merah, bawang putih juga dapat dimanfaatkan untuk memperkuat tumbuhnya rambut. Hal ini dikarenakan bawang putih mengandung sulfur yang memperkuat folikel rambut.

Selain itu, bawang putih juga berfungsi sebagai anti-bakteri yang dapat mencegah infeksi kulit kepala. Cara menggunakannya adalah dengan membuat jus bawang putih lalu dioleskan pada kepala kamu lalu dibilas dengan shampo dan air.

9. Madu Murni

Kegunaan madu sebagai pembersih alami wajah

Madu merupakan salah satu bahan yang alami dan berfungsi sebagai anti-bakteri yang menyebabkan kulit kamu terbebas dari infeksi bakteri. Dengan demikian rambut kamu akan lebih sehat dan lebih kuat sehingga tidak mudah rontok.

Cara menggunakannya pun mudah, yaitu dengan mencampurkan madu dan air lalu diusapkan pada kepala dan didiamkan beberapa saat.

Setelah itu, kamu bilas menggunakan shampo dan air.

10. Jeruk Nipis

Manfaat jeruk nipis untuk kesehatan

Kegunaan jeruk nipis kini menjadi salah satu cara mengatasi rambut rontok secara alami. Bahkan jeruk juga dapat digunakan untuk mengatasi masalah ketombe. Untuk mencegah rontok, kamu cukup mengiris beberapa potong jeruk nipis lalu diusapkan pada kepala.

Membiasakan Hidup Sehat

Pola hidup ternyata juga dapat berpengaruh terhadap kesehatan kulit kepala. Hal ini juga berpengaruh terhadap tumbuhnya rambut dan kekuatan rambut kamu.

Berikut ini beberapa cara mengatasi rambut rontok dengan membiasakan cara hidup sehat :

1. Mengendalikan Stress

Stress dapat memicu rambut mudah rontok. Oleh karena itu, kamu harus melakukan beberapa hal berikut untuk mencegah stres antara lain adalah melakukan yoga, meditasi, mandi dengan air hangat, melakukan aktivitas yang kamu sukai dan lain – lain.

Dengan mencegah stres maka sirkulasi darah ke kulit akan lancar sehingga sel folikel rambut akan tumbuh kuat dan tidak mudah rontok.

2. Rajin Olahraga

Olahraga terbukti mampu membuatmu terhindar dari stres. Hal ini dikarenakan dengan berolahraga tubuh akan memproduksi hormon endorfin yang dapat memberikan rasa bahagia.

3. Keringkan Rambut Secara Alami

Banyak orang yang menggunakan hair dryer setelah selesai keramas. Namun, ternyata penggunaan hair dryer tidak terlalu bagus untuk mengeringkan rambutmu.

Mengapa demikian ? Hal ini dikarenakan rambut kamu akan terasa panas dan akhirnya mudah rontok.

Kesimpulan

Dengan beberapa penjelasan tentang penyebab rambut rontok, dan juga berbagai cara mengatasi rambut rontok secara alami yang sudah dibahas diatas, hendaknya bisa langsung kamu praktekkan.

Karena perawatan rambut yang baik tentunya akan membuat rambutmu tampak lebih indah dan sehat alami. Mulai sekarang, kurangi penggunaan bahan kimia berlebihan untuk rambutmu ya.

Selamat mencoba.

Yakin Ngga Mau Nanya ?